1. Perusahaan dalam Lingkungannya
·
Lingkungan suatu perusahaan tidak persis sama dengan lingkungan perusahaan
yang lain.
·
Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada di
luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada
perusahaan.
·
Masyarakat keuangan terdiri dari lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber
daya uang yang tersedia bagi perusahaan.
·
Masyarakat global adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan
operasinya
·
Pemegang saham atau pemilik adalah orang-orang yang
menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.
·
Serikat buruh adalah organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga
kerja tidak terampil
·
Pemasok menyediakan material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan
oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya. Barang dan jasa ini
dipasarkan kepada para pelanggan perusahaan,
·
Pesaing mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di
pasaran
·
Pemerintah, pada tingkat pusat, daerah, dan lokal memberikan
kendala-kendala dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga
memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi, dan dana.
2. Keunggulan kompetitif
Keunggulan kompetitif dapat dicapai
melalui :
·
menyediakan barang / jasa dengan harga yang murah.
·
menyediakan barang / jasa yang lebih baik dari para pesaing.
·
memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.
·
Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan
informasi untuk mendapatkan leverage di pasaran.
·
Perusahaan tidak harus sepenuhnya mengandalkan sumber daya fisik yang lebih
unggul saat terlibat dalam persaingan, tetapi juga sumber daya konseptual (data
dan informasi) yang unggul.
3. Perencanaan Strategi perusahaan
Chief
Information Officer (CIO) Istilah CIO memiliki pengertian lebih dari sekedar
suatu gelar, memiliki pengertian suatu peran yang seharusnya dilaksanakan oleh
manager jasa informasi tingkat puncak. CIO ini juga dapat dikatakan sebagai
manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumberdaya informasi tetapi juga
berbagai bidang lain dari operasi perusahaan.
Seorang Manager jasa informasi dapat berperan sebagai Chief Information Officer ( CIO) dengan mengikuti berikut ini :
Seorang Manager jasa informasi dapat berperan sebagai Chief Information Officer ( CIO) dengan mengikuti berikut ini :
·
Ada waktu untuk bisnis dan
pelatihan bisnis bukan hanya teknologinya
·
Membangun kemitraan dengan
unit-unit bisnis jangan menunggu hingga diundang.
·
Fokuskan pada perbaikan
proses dasar bisnis.
·
Jelaskan biaya-biaya IS
dalam istilah bisnis.
·
Bangun kepercayaan dengan
memberikan jasa IS yg dapat diandalkan.
·
Jangan bersifat defensive
(Bertahan).
4. Konsep manajemen sumber daya informasi
Information
resources management
– IRM adalah aktivitas yang dijalankan manajer pada semua tingkatan dalam
perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumberdaya
informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan pemakai.
Elemen-elemen
IRM yang diperlukan adalah :
· Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif
dapat dicapai melalui sumberdaya informasi yang unggul.
·
Kesadaran bahwa jasa informasi adalah
suatu area fungsional utama.
· Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif
puncak.
· Perhatian pada sumberdaya informasi
perusahaan saat membuat perencanaan strategis dan rencana strategis formal
untuk sumberdaya informasi.
· Strategi untuk mendorong dan mengelola
end-user computing.
Sumber :