^.^ assalamu'alaikum sahabat ^.^

TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPETITIF

1.  Perusahaan dalam Lingkungannya
·         Lingkungan suatu perusahaan tidak persis sama dengan lingkungan perusahaan yang lain.
·         Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan.  
·         Masyarakat keuangan terdiri dari lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan. 
·         Masyarakat global adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya
·         Pemegang saham  atau  pemilik  adalah orang-orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.  
·         Serikat buruh adalah organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga kerja tidak terampil 
·         Pemasok menyediakan material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya. Barang dan jasa ini dipasarkan kepada para pelanggan perusahaan, 
·         Pesaing mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di pasaran 
·         Pemerintah, pada tingkat pusat, daerah, dan lokal memberikan kendala-kendala dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi, dan dana.

2.  Keunggulan kompetitif
      Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui :
·         menyediakan barang / jasa dengan harga yang murah.
·         menyediakan barang / jasa yang lebih baik dari para pesaing.
·         memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. 
·         Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasaran.
·         Perusahaan tidak harus sepenuhnya mengandalkan sumber daya fisik yang lebih unggul saat terlibat dalam persaingan, tetapi juga sumber daya konseptual (data dan informasi) yang unggul.

3.  Perencanaan Strategi perusahaan
Chief Information Officer (CIO) Istilah CIO memiliki pengertian lebih dari sekedar suatu gelar, memiliki pengertian suatu peran yang seharusnya dilaksanakan oleh manager jasa informasi tingkat puncak. CIO ini juga dapat dikatakan sebagai manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumberdaya informasi tetapi juga berbagai bidang lain dari operasi perusahaan.
Seorang Manager jasa informasi dapat berperan sebagai Chief Information Officer ( CIO) dengan mengikuti berikut ini :
·         Ada waktu untuk bisnis dan pelatihan bisnis bukan hanya teknologinya
·         Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis jangan menunggu hingga diundang.
·         Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis.
·         Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah bisnis.
·         Bangun kepercayaan dengan memberikan jasa IS yg dapat diandalkan.
·         Jangan bersifat defensive (Bertahan).

4.  Konsep manajemen sumber daya informasi
Information resources management – IRM adalah aktivitas yang dijalankan manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumberdaya informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan pemakai.
Elemen-elemen IRM yang diperlukan adalah :
·    Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumberdaya informasi yang unggul.
·    Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama.
·    Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak.
·    Perhatian pada sumberdaya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis dan rencana strategis formal untuk sumberdaya informasi.
·    Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing.

Sumber :