I. Arsitektur Komputer
a) Peralatan
input
Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance. Input sinyal adalah data atau program yang dimasukan kedalam sistem komputer. Sedangkan maintenance adalah program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal.
Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance. Input sinyal adalah data atau program yang dimasukan kedalam sistem komputer. Sedangkan maintenance adalah program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal.
Contoh-contoh perangkat input adalah :
• Keyboard
• Mouse
• Joystick
• Trackball
• Digitizer
• Voice Recognition
• Kamera
• Scanner
• Mic (Microfon)
• Keyboard
• Mouse
• Joystick
• Trackball
• Digitizer
• Voice Recognition
• Kamera
• Scanner
• Mic (Microfon)
b) Pemrosesan
pusat dan penyimpanan sekunder
·
Pemrosesan
pusat berada pada CPU yang terdiri dari :
q
Control Unit
Control Unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer.
q
Arithmatic And
Logical Unit
Arithmatic And Logical Unit bertugas melakukan semua perhitungan atitmatic
dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
q
Register
Register adalah tempat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses
oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran
untuk di proses dan di simpan di memori utama.
·
Penyimpanan
sekunder
Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program
secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy
disk, hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain.
Memory sekunder mempunyai karakteristik sebagai berikut.
q
Sifat
penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan sekunder
perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/ CPU ) dan
memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke unit pengolah
( prosessor ) dan memory utama (main memory).
q
Kemampuan untuk
digunakan secara bersama-sama ( shareability ).
q
Kemampuan untuk
menyimpan sejumlah data, informasi, dan program.
c) Peralatan
output
Alat keluaran atau output devices merupakan piranti keluaran yang berfungsi
sebagai alat untuk mengeluarkan data atau informasi dari komputer. Output
device juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan
hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu
media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan
data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh
komputer cukup banyak. Contoh :
·
Monitor
·
Printer
·
Speaker
II.
Software
Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu
:
A. Perangkat Lunak Sistem
·
Perangkat lunak yang
melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
·
Ada tiga jenis dasar
perangkat lunak sistem :
§ Sistem
Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang
memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada
enam fungsi dasar sistem operasi :
1.
Menjadwalkan Tugas
2.
Mengelola sumber daya
perangkat keras dan perangkat lunak
3.
Menjaga keamanan sistem
4.
Memungkinkan pembagian sumber
daya untuk beberapa pemakai
5.
Menangani Interrupt
6.
Menyiapkan catatan
pemakaian
§ Program
Utility, suatu routine yang
memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu
yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
§ Penerjemah
Bahasa Komputer
-
Bahasa Generasi Pertama,
Bahasa Mesin (machine language)
-
Bahasa Generasi Kedua,
Assembler
-
Bahasa Generasi Ketiga,
Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat,
Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan
computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang
termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1.
Database Query Language
2. Modelling Language, khusus
dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3.
Very High Level Language :
PASCAL, APL
4.
Graph Generators : paket
grafik
5.
Report Writer : COBOL, RPG
6.
Aplication Generators :
program aplikasi pembayaran gaji
B. Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan
menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis
computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada
empat kelompok besar :
§ Paket
Aplikasi Bisnis Umum
§ Paket
Aplikasi Khusus Industri
§ Paket
Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
§ Paket
Peningkatan Produktivitas Perorangan
C.
Sistem operasi
Sistem operasi adalah sekumpulan rutin peralatan lunak yang berada di
antara program aplikasi dan perangkat keras. Semua perangkat keras berjalan
dibawah kendali sistem operasi, mengakses perangkat keras lewat sistem operasi,
dan mengikuti aturan-aturan yang dijalankan oleh sistem operasi. Contoh :
linux, windows, mac dll
D.
Aplikasi
Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang
memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan
permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.
Software aplikasi terdiri dari :
1. Bahasa pemrograman (programming language)
2. Program aplikasi (Application Program)
3. Program paket / paket aplikasi (packet program)
4. Program utilitas (utility program)
5. Games dan entertainment dan lain-lain
III. Peranan
Peralatan Input dan Output Serta Software dalam Pemecahan Masalah
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
Sumber :